Followers

Kamis, 10 November 2011

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terhubung bersama dan dapat berbagi sumber daya yang dimilikinya, seperti berbagi printer, CDROOM, pertukaran file, dan komunikasi secara elektronik antarkomputer.
Media penghubung dalam jaringan komputer seperti kabel, telepon, gelombang radio, satelit atau sinar infra merah (infra red).
A. Jaringan komputer berdasarkan teknologi Transmisi
B. Jaringan Broadcast
Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersama-sama. Data yang berukuran kecil dalam paket dikirim oleh satu mesin dan akan diterima oleh mesin-mesin lainnya yang terhubung ke dalam jaringan.

C. Jaringan Point to point
Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang sering kali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda. Dalam mengirimkan paket dari satu mesin sumber ke suatu tujuan, paket jenis jaringan ini harus melalui mesin perantaranya yang bisa melalui banyak rute.
D. JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN JARAK
1. WORKGROUP
Jaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan Local Area Network Card, serta dengan menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan print document pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.
Keuntungan Jaringan Workgroup.
• Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
• Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing).
• Akses data dari/ke unit komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.
• Komunikasi antara karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
• Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem

2. LAN (LOCAL AREA NETWORK)
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
Keuntungan Jaringan LAN.
• Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
• Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
• File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
• File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
• Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
• Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
• Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
• Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.

LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik, yaitu, ukuran, teknologi dan transmisi, dan topologi.
Ciri umum LAN
- Teknologi transmisi LAN yang biasa menggunakan transmisi Kabel Tunggal.
- Pada LAN biasa atau tradisional, kecepatan transmisi sekitar 10 s/d 100 Mbps (megabyte/second).
- Jarak maksimum untuk LAN adalah ¬+ 1 KM.
3. MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)
Jaringan ini mempunyai are jaringan lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antar wilayah dalam satu propinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada, seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Contoh, beberapa Bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya dan dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan/ mengambil uang di cabang manapun di provinsi yang sama.
Jarak Jaringan MAN mendukung hingga sampai 10 KM. Dalam provinsi/kota.

4. WAN (WIDE AREA NETWORK)
WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.
Jaringan ini mencakup geografis yang sangat luas yang mampu menjangkau batas provinsi dan bahkan batas negara di belahan dunia. media untuk menghubungkan WAN bisa menggunakan satelit atau kabel bawah tanah. Jangkauan WAN bisa mencapai ribuan kilometer. Akan tetapi kecepatan data transfer terbatas sampai 64 Kbps (kilobyte/second).
Keuntungan Jaringan WAN.
• Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
• Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
• Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
• Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More