Followers

Jumat, 04 November 2011

Pengertian JavaScript

pengertian

JavaScript terdiri dari 2 suku kata. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasikan objek. dan Script adalah serangkaian instruksi program. JavaScript adalah bahasa pemrograman khusus berbasis prototipe yang berjalan di sisi client untuk sebuah halaman web agar menjadi lebih dinamis.



Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embed). kelebihan JavaScript ialah, JavaScript bekerja pada sisi klien browser (clientside), yang berarti browser klien akan mengambil file pada server, setelah di ambil oleh browser klien, file akan langsung ditampilkan dan dijalankan pada browser klien. efek dari JavaScript inilah yang membuat halaman menjadi lebih responsif.
yang harus diperhatikan dalam penulisan JavaScript ialah case sensitive, yang berarti JavaScript membedakan huruf besar dan kecil. sebagai contoh, fungsi perintah var tidak boleh ditulis VAR, atau Var.



sejarah JavaScript

JavaScript pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995. pada awalnya JavaScript dinamai "LiveScript" yang berfunsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan SUN (pengembang bahasa pemrograman java), maka Netscape memberikan nama JavaScript kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
pada saat yang bersamaan, Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasi teknologi ini yang mereka sebut sebagai "Jscript" di browser milik mereka, yaitu IE3. JavaScript sendiri merupakan modifikasi dari bahasa C++ dengan pola penulisan yang lebih sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More