Followers

Minggu, 16 Oktober 2011

PEMROGRAMAN PASCAL

KOMPUTER DAN BAHASA PEMROGRAMAN
Komputer adalah suatu mesin yang melakukan tugas yang sederhana berdasar instruksi-instruksi tertentu. Karena tugas ini dapat dilakukan dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi menjadikan komputer sebagai peralatan yang sangat berguna. Namun demikian untuk dapat menggunakan komputer tersebut sebenarnya sangat sulit, dikarenakan perintah-perintah yang digunakan (perintah-perintah ini disebut program) harus berupa kode-kode biner (yaitu 1 dan 0), hal ini karena komputer menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa dasar, yang didalamnya merupakan penggabungan dari karakter 0 dan 1.
Saat ini kita dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa yang kita mengerti. Hal ini dapat dilakukan karena para ahli telah berhasil membuat kamus yang disebut dengan bahasa pemrograman yang akan menterjemahkan bahasa yang kita buat menjadi bahasa mesin. Kamus ini disebut dengan kompiler. Proses penterjemahan bahasa manusia ke bahasa mesin disebut dengan kompilasi. Adapun bahasa-bahasa pemrograman antara lain:
FORTRAN(1950)
BASIC(1960)
Lisp(1950)
Prolog(1970)
Ada(1970)
SmallTalk(1970)
Pascal(1970)
C(1970)
C++(1980)









PEMROGRAMAN BAHASA PASCAL
Bahasa Pascal dirancang oleh Niclaus Wirth pada tahun 1970. Turbo Pascal merupakan salah satu versi bahasa pascal yang dikembangkan oleh Borland International. Bahasa Pascal merupakan bahasa tingkat tinggi (High Level Languange) yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh manusia. Pascal merupakan pemrograman terstruktur yang tersusun atas sejumlah blok. Blok-blok yang kecil selanjutnya dapat dapat dipakai untuk membuat blok yang lebih besar. Blok ini lebih dikenal dengan sebutan subprogram, yang dibedakan atas prosedur dan fungsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More